//Tips Perawatan Kendaraan untuk Keamanan dan Kenyaman Berkendara

Tips Perawatan Kendaraan untuk Keamanan dan Kenyaman Berkendara

Menjaga kendaraan agar selalu dalam kondisi prima adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Melakukan perawatan kendaraan secara berkala sesuai dengan panduan yang ada pada buku panduan pemilik mobil adalah salah satu cara yang sangat dianjurkan. Perawatan ini bukan hanya akan menjamin sebuah kendaraan akan bisa berumur panjang namun juga dapat menjaga kenyamanan selama berkendara, keamanan serta menghindari adanya kerusakan pada bagian-bagian kendaraan itu sendiri.

perawatan kendaraan  Tips Perawatan Kendaraan untuk Keamanan dan Kenyaman Berkendara cuci mobil

Jenis Perawatan Mobil

Berikut ini adalah beberapa hal yang masuk dalam jenis perawatan kendaraan baik yang bisa dilakukan sendiri oleh sang pemilik mobil atau bisa juga dilakukan di bengkel kesayangan mereka:

  1. Rajin membersihkan mobil dari segala macam kotoran. Hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan sebuah mobil adalah jangan sampai melupakan satu bagian pun. Bersihkan bagian bodi mobil dan juga bagian interior mobil dengan rutin.
  2. Mengganti oli secara teratur. Penggantian oli secara teratur mutlak diperlukan oleh setiap kendaraan. Masing-masing produsen kendaraan sudah memberikan kisaran waktu dimana sebuah mobil harus diganti olinya, setiap 3000 hingga 5000 mil. Bila oli mobil tidak diganti secara rutin, maka tingkat kekentalan oli itu akan berubah diakibatkan oleh adanya penumpukan kotoran serta lumpur. Bila hal ini terjadi, maka suara mesin akan terdengar kasar, sulit untuk menstarter mobil dan bila dibiarkan bisa juga mempengaruhi bahkan merusak mesin mobil itu sendiri.
  3. Memeriksa keadaan radiator secara rutin. Radiator mobil berfungsi untuk menjaga mesin agar tetap dingin. Pastikan agar radiator selalu terisi untuk menghindari pemanasan mesin yang berlebihan.
  4. Memeriksa aki mobil dengan cara memastikan bahwa semua sambungan berfungsi dengan baik, tidak ada kerusakan, kelonggaran atau kebocoran.
  5. Mengecek minyak pelumas secara berkala. Pada sebuah mobil ada beberapa jenis cairan atau yang sering disebut minyak pelumas yang memiliki fungsi mereka masing-masing. Pastikan untuk memeriksa kondisi minyak pelumas ini secara berkala baik untuk oli gardan, oli transmisi, minyak rem, dan juga power steering. Semua informasi ini tersedia di buku panduan pemilik mobil dan sang pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan sendiri.
  6. Melakukan perawatan kendaraan secara berkala di bengkel-bengkel terpercaya. Bila berbagai jenis perawatan yang disebutkan sebelumnya bisa dilakukan oleh sang pemilik mobil sendiri, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan di sebuah bengkel. Perawatan berkala bisa dilakukan sesuai dengan jadwal servis berkala itu sendiri baik setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km. Hal ini tentunya tergantung pada berbagai hal misalnya saja kondisi jalan yang dilalui setiap harinya oleh mobil tersebut atau bisa juga kondisi pengendaraan yang tidak optimal atau melebihi beban yang disarankan.

Melakukan perawatan secara teratur akan memberikan ketenangan batin kepada para pemilik mobil. Tidak hanya itu, segala jenis kerusakan atau masalah yang ada bisa dideteksi lebih dini untuk menghindari munculnya masalah yang lebih besar.

Buat anda yang tidak memiliki mobil namun membutuhkan sebuah mobil melalui jasa rental mobil, anda perlu memperhatikan tempat anda akan menyewa mobil tersebut. Pastikan perusahaan rental tersebut selalu menjaga kondisi mobil mereka dalam kondisi prima demi kepuasan dan kenyamanan anda. PT Harpa Sekawan adalah salah satu contoh perusahaan yang melakukan perawatan kendaaraan mereka secara teratur. Anda bisa menyewa mobil untuk keperluan anda di Jakarta melalui PT. Harpa Sekawan atau untuk lebih mudahnya, bisa juga melalui website Harpa.co.id untuk melakukan reservasi secara online.

2017-08-15T15:24:59+00:00