//Mengendarai Mobil dengan Transmisi Manual

Ketika anda mengunjungi dealer untuk membeli mobil, umumnya anda akan ditawarkan dua tipe mobil, yakni manual dan otomatis. Dalam banyak hal mobil dengan transmisi otomatis memang ditujukan utamanya untuk mereka yang mencari kenyamanan berkendara di tengah kemacetan kota. Meski demikian, mobil dengan transmisi otomatis biasanya menjadi pilihan kedua bagi orang-orang yang terbiasa mengendarai mobil dengan transmisi manual. Artikel ini akan memberi sedikit pandangan terkait dengan cara mengendarai mobil manual. Sebetulnya tidak banyak perbedaan mencolok antara mobil dengan transmisi manual maupun mobil dengan transmisi otomatis. Dan cara mengendarainya pun tidak jauh berbeda, kecuali bahwa mobil transmisi otomatis tidak memiliki kopling, karena transmisi akan berpindah otomatis tanpa harus menggunakan perangkat satu itu.

cara mengendarai mobil manual  Mengendarai Mobil dengan Transmisi Manual layanansewamobil

Sebelum melangkah lebih jauh dengan membahas tema cara mengendarai mobil manual, ada baiknya kita menyebutkan karakteristik mobil dengan transmisi otomatis.

Karakteristik mobil dengan transmisi otomatis

Pada mobil dengan transmisi otomatis, anda akan melihat beberapa huruf pada tuas transmisi, meliputi:

1) P = Park. Ini adalah huruf yang menandakan bahwa transmisi otomatis akan dikunci ketika mobil berada di posisi sedang diparkir. Untuk keamanan, anda sebaiknya tetap menarik rem tangan untuk mengunci roda.

2) R = Reverse. Ini adalah huruf yang menandakan bahwa transmisi harus digunakan ketika mobil berada dalam posisi mundur.

3) N = Netral. Ini adalah huruf yang menunjukkan bahwa transmisi dalam posisi netral. Mobil dihidupkan dalam kondisi transmisi berada di huruf R.

4) D = Drive. Ini adalah huruf yang umumnya digunakan untuk menjalankan mobil, di mana mobil secara otomatis akan memilih posisi gigi paling sesuai dengan kondisi dan medan jalan.

5) O/D = Over Drive. Ini difungsikan ketika pengendara ingin membatasi kecepatan sampai kira-kira 90 km/jam (atau memakai gigi 3).

6) D2 atau S = Second. Ini digunakan untuk membatasi gigi pada posisi 2.

7) D1 atau F = First. Ini digunakan untuk menempatkan transmisi maksimum pada gigi 1.

8) 1/L. Digunakan untuk jalanan dengan tanjakan curam.

Seperti yang telah disebut di atas, mengendarai mobil dengan transmisi otomatis cukup mudah, karena anda tidak perlu menekan kopling untuk mengatur transmisi, dan transmisi bisa disesuaikan secara otomatis (walau nyatanya tidak otomatis total). Lalu bagaimana cara mengendarai mobil manual?

Berikut beberapa cara mudah mengendari mobil dengan transmisi manual. Sebagaimana umumnya mobil dengan transmisi manual, ada beberapa langkah yang perlu ditaati pengendara:

1) Pasanglah sabuk pengaman dan kemudian putar tuas kunci guna menghidupkan mesin.
2) Turunkan tuas rem tangan.
3) Injak kopling sampai penuh, sambil memindahkan tuas transmisi ke gigi 1.
4) Kurangi injakan pada kopling perlahan-lahan, sambil menginjak gas sedikit demi sedikit sampai mobil bergerak.

Anda harus menyesuaikan posisi transmisi mobil dengan medan jalan. Gunakan gigi 1 untuk tanjakan, misalnya, dan gunakan gigi 2 sampai empat untuk jalanan lurus. Jika anda adalah pemula, cobalah untuk mencari pendamping (sopir berpengalaman) untuk memandu anda menghadapi segala jenis kondisi jalan

2017-09-04T15:52:05+00:00