Sistem matic adalah sebuah sistem pada kendaraan bermotor yang sedang digemari di Indonesia. Sistem matic diperkenalkan untuk memudahkan pengendara atau pengemudi dalam mengendalikan kendaraannya tanpa perlu repot menggunakan kopling. Kebanyakan kita mengenal sistem matic pada kendaraan jenis sepeda motor, namun ternyata sistem ini juga dapat ditemui pada kendaraan roda empat atau mobil jenis city car. Mobil matic memiliki sistem kemudi dan perseneling yang sederhana untuk memudahkan pengemudi dalam menjalankan mobilnya. Oleh karena itu sistem matic ini sangat populer untuk jenis kendaraan keluarga, city car, atau kendaraan yang didesain untuk menempuh jarak menengah. Dengan sistem kendali dan kemudi yang hanya menggunakan rem, gas, dan perseneling sederhana, maka bisa dikatakan bahwa cara mengemudikan mobil matic sangat mudah dipelajari dan hampir semua pengendara mobil bisa mengendalikan mobil matic dengan mudah.

cara mudah mengendarai mobil matic  Tips Cara Mengendarai Mobil Matic fortuner

Walau Mudah Kendaraan Matic Tetap Perlu Penyesuaian

Walaupun tergolong mudah, namun pengemudi yang terbiasa mengemudikan mobil standar harus menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan sistem matic ini. menyesuaikan diri dengan sistem matic sangat penting untuk membiasakan diri dengan kendali mobil matic. Hal pertama yang harus anda ketahui adalah pedal dan perseneling. Mobil matic memiliki pedal dan perseneling yang berbeda dengan mobil standar. Mobil matic hanya memiliki dua jenis pedal saja yaitu rem dan gas. Pedal yang sederhana tersebut memungkinkan anda untuk mengemudikan mobil dengan lebih mudah tanpa pedal kopling. Perseneling pada kendaraan matic juga berbeda dengan kendaraan standar. Anda tidak akan menemui tingkatan gigi perseneling seperti kendaraan biasa. Mobil matic hanya menyediakan perseneling untuk parkir, dimana posisi kendaraan terkunci tidak bisa maju atau mundur. Perseneling yang kedua adalah perseneling D untuk drive. Perseneling ketiga adalah N untuk normal, dan perseneling terakhir adalah perseneling R (Reverse) yang berguna untuk berjalan mundur. Felling atau cara mengemudikan mobil matic sangat berbeda dengan mobil standar biasa. Ada beberapa hal yang harus anda ingat ketika mengemudikan kendaraan matic.

Beberapa Hal yang Harus Diingat Saat Berkendara Kendaraan Matic:

  1. Jika anda memasukkan perseneling D atau drive, maka secara otomatis kendaraan akan melaju pelan begitu pedal rem anda lepas. Dengan memasukkan perseneling D, kendaraan akan melaju pelan walaupun anda tidak menginjak pedal gas.
  2. Feeling untuk kendaraan matic sangat berbeda dengan feeling kendaraan biasa. Ketika anda menginjak pedal gas, maka akselerasi mobil akan muncul agak terlambat dan ketika anda melepaskan pedal gas, maka akan tetap ada dorongan sedikit sehingga kaki anda tidak boleh jauh – jauh dari pedal rem.
  3. Pedal rem sangat penting walaupun anda sedang berhenti dengan mode perseneling D ketika sedang di lampu merah. Pastikan untuk selalu menginjak pedal rem ketika anda ingin berhenti sejenak. Perseneling P sebaiknya hanya dipakai ketika anda ingin memarkir kendaraan saja.

Bagi anda yang ingin merasakan rasanya mengemudikan kendaraan roda empat jenis matic maka anda tidak perlu repot – repot membeli kendaraan ini. anda bisa menyewa kendaraan matic di rental mobil Harpa.co.id. Rental mobil yang satu ini menyediakan berbagai jenis kendaraan roda empat untuk berbagai kebutuhan termasuk kendaraan roda empat jenis matic. Kendaraan matic ini juga bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi mereka yang ingin bepergian jauh dengan mobil namun masih canggung dengan sistem mobil standar yang merepotkan. Mobil matic dari Harpa.co.id bisa menjadi pilihan. Cara mengemudikan mobil matic yang sederhana dan mudah juga sangat cocok bagi anda yang ingin menyewa mobil untuki perjalanan jauh tanpa harus khawatir terlalu lelah dengan sistem kemudi standar.